Jakarta, CNN Indonesia

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan balik Lebaran 2024 memilih menggunakan layanan travel resmi.

Hal tersebut disampaikan langsung Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan buntut kecelakaan maut yang terjadi saat contraflow di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek.

“Kalau menaiki angkutan umum, Pastikan angkutan umum yang resmi, ya. Biar terjamin kendarannya sehat dan sebagainya,” ujarnya kepada wartawan dikutip, Sabtu (13/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aan juga meminta kepada pihak penyedia jasa angkutan umum seperti bus maupun travel agar menyiapkan sopir pengganti. Sehingga pengemudi bisa bergantian dan tidak kelelahan saat berkendara jarak jauh selama arus balik Lebaran 2024.

“Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan sehingga keselamatan ini bisa tetap kita jamin ya,” tuturnya.

Aan mengingatkan para sopir bus maupun travel berkerja secara bergantian maksimal setiap delapan jam. Selain itu, kata dia, seluruh pengemudi baik umum maupun pribadi juga tidak boleh menyetir lebih dari empat jam.

Ia meminta kepada seluruh pengendara istirahat setelah empat jam berkendara minimal 30 menit. Sehingga diharapkan kondisi kembali prima dan menekan resiko kecelakaan.

“Belajar dari beberapa kejadian yang kemarin, di KM 58 ataupun di KM 370, ini semuanya karena kelelahan. Ini sangat fatal akibatnya kalau kita sudah lelah tetap memaksa untuk berkendara,” ucap dia.

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik mudik lebaran 2024 akan terjadi mulai Minggu (14/4) dan Senin (15/4).

Di lain sisi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengusulkan kebijakan kerja dari rumah alias WFH kepada Presiden Joko Widodo. Opsi ini diambil untuk memecah kepadatan lalu lintas kendaraan pada arus balik lebaran 2024.

Budi menyebut WFH itu diusulkan berlaku pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4). Harapannya, ini bisa memecah keberangkatan para pekerja kembali ke Jakarta dengan waktu yang bersamaan.

(tfq/fea)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *